Senin, Mei 12, 2008

Food & Resto : Mengenal Lebih Jauh Frozen Food

FROZEN FOOD banyak disuka. Tidak hanya karena banyak pilihan dan praktis, tetapi juga karena aman dan mudah ketika diolah.

Anak-anak termasuk Anda, saat ini sangat menggemari chicken nugget, spicy wings, bahkan es krim. Jadi, wajar saja jika setiap kali Anda pergi ke swalayan, makanan yang di luar negeri disebut frozen food ini tidak pernah lupa dibawa.

Makanan seperti ini memang sangat praktis dan mudah ketika disajikan. Sebab, hanya tinggal digoreng dan ditumis agar bisa disantap.

Industri food frozen sendiri mulai dikenal berkat jasa Clarence Birdeye. Awalnya Clarence terinspirasi oleh suku Indian Inuit yang selalu berhasil melakukan proses pembekuan ikan.

Setelah lama mempelajarinya, akhirnya Clarence berhasil meniru proses pembekuan tersebut. Ia pun mencobanya dengan makanan lain, seperti daging, ayam, dan tentunya ikan.

Penemuan Clarence disambut luar biasa oleh masyarakat Amerika. Sebab, berkat temuannya mereka tidak perlu repot-repot lagi memasak. Selain itu, penemuan Clarence selangkah lebih maju dibandingkan pembekuan tradisional yang sudah ada waktu itu. Sebab, pembekuan yang dilakukan Clarence hanya sedikit menghasilkan lapisan es.

Sadar penemuannya dapat sambutan positif, Clarence langsung berusaha membuat petualangan kulinernya itu jadi hak paten. Setelah mendapatkan hak paten, ia kemudian menjualnya kepada perusahaan makanan General Food Corporation.

Atas prestasinya ini, Clarence dianugerahi Babcock Hart Award pada 1949 oleh Institute of Food Technologies. Pada tahun 2003, namanya diabadikan pada Food Engineering Hall of Fame.

Tidak ada komentar: