Senin, Mei 12, 2008

Food & Resto : Olahan Patin Cita Rasa Negeri Sakura

PROTEIN dalam daging ikan boleh saja tinggi. Namun, bila tidak pintar mengolahnya, menu ini akan mendatangkan kejenuhan. Bagaimana sebaiknya?

Agar ikan sungai tidak membosankan dan menghasilkan santapan baru bercita rasa tinggi, Hotel Novotel Palembang ternyata punya tips jitu. Ikan patin yang merupakan ikan sungai, biasanya diolah menjadi pindang, gulai, dan pepes oleh masyarakat Palembang. Kali ini Chef Halamsa dari Cafe Starlight, Hotel Novotel Palembang, mencoba menyajikannya sebagai sajian yang berkesan lebih modern dan "hip".

Salah satunya patin bakar teriyaki. Dengan paduan miring, kikkoman sauce, dan wakame, sejenis rumput laut yang populer di Negeri Sakura, patin bakar terasa beda dan lebih "nendang". Tekstur daging ikan patin yang lembut, pas dipadu dengan taburan wijen panggang nan renyah di atasnya. Uniknya, selain disajikan dengan campuran saus mirin yang rasanya mirip kecap asin, sang juru masak mencoba "bermain" berani dengan menambahkan salad dari irisan wortel dan kol, lengkap dengan mayones. Karena itulah tercipta kesan segar saat menyantap menu ini.

Chef Halamsah beralasan, pemberian mayones dimaksudkan sebagai alternatif bagi pengunjung yang Western oriented. "Pasalnya, beberapa pelanggan hotel kami merupakan kalangan ekspatriat yang setiap weekend mampir ke sini untuk refreshing," sebutnya.

Untuk yang sangat peduli dengan kesehatan, jus green canyon boleh juga dicoba. Jus dengan dominasi rasa asam segar ini terbuat dari campuran sayuran sawi, jeruk lemon, dan daun peppermint. Jika tak suka dengan aroma jus sayuran yang biasanya berbau angur, jangan khawatir, kali ini sang chef bersedia berbagi tips. "Caranya, setelah ampas sawi dibuang, tambahkan perasan jeruk lemon dan daun mint ke dalam sari pati sawi yang diblender hingga tercampur rata," sebut Halamsah.

Hasilnya ternyata tak mengecewakan, selain karena rasa sawi tidak terlalu kentara, segarnya mint langsung menyerbu lidah Anda begitu tegukan pertama. Menurut Manajer Humas Novotel Palembang Revina Christanty, green canyon menjadi minuman favorit para tamu.

Suasana Cafe Starlight yang dekat kolam renang dan rimbunnya pepohonan palem di depannya dijamin membuat pengunjung betah berlama-lama. Tak heran minuman ini begitu digandrungi, menurut Revina, khasiat minuman hijau ini pun bejibun. Menyembuhkan sembelit, seriawan, hingga menghaluskan kulit. Bagi Anda yang vegetarian, jus ini dapat dijadikan menu wajib di pagi hari.

Tidak ada komentar: