Senin, April 21, 2008

Ambisi, Si Motivator Kinerja Kerja

Banyak dari kita yang beranggapan bahwa orang yang ambisius, perfeksionis, dan agresif adalah orang yang harus kita jauhi. Ambisi sendiri sering disalah tafsirkan sebagai sesuatu yang negatif.

Padahal jika seseorang memiliki ambisi dalam hidup ini, baik dalam pekerjaan maupun dalam hal lainnya, ia akan mengetahui dengan jelas arah hidupnya. Setiap orang juga memiliki ambisi yang berbeda-beda, karena dipengaruhi oleh berbagai faktor yang berbeda.

Mulai pola asuh dari kecil, pengaruh pada masa perkembanganya sampai lingkup pekerjaan.

Dalam dunia kerja orang yang tidak memiliki ambisi cenderung bekerja apa adanya. Masuk kantor, meyelesaikan tugas, pulang ke rumah dan dapat gaji di akhir bulan. Orang tersebut tidak mengejar apapun dan tidak memiliki target dalam berkarir.

Ambisi kadang memang diperlukan agar Anda semangat dan termotivasi dalam bekerja, karena persaingan dalam berkarier yang semakin lama semakin kompetitif. Ambisi juga dapat membuat Anda tergerak untuk maju. Jika seseorang memiliki target ingin naik jabatan menjadi manager, sedini mungkin ia akan menyusun rencana ke depan agar dapat naik jabatan, misalnya dengan mempelajari tugas-tugas seorang manajer, kemampuan apa yang harus dimiliki agar bisa menjadi manager dan lainnya.

Nah ambisi tidak selalu berarti sesuatu yang negatif, bukan?

Seseorang yang tidak memiliki ambisi, bisa jadi orang itu tidak memiliki orientasi untuk maju dalam hidupnya.

Tidak ada komentar: