Senin, April 28, 2008


PERAYAAN ulang tahun akan semakin meriah dengan kehadiran kue ulang tahun yang ceria dan kaya warna. Seperti apa dan bagaimana membuatnya?

Merayakan hari jadi orang-orang terkasih bersama-sama, tentu saja menjadi impian hampir semua orang. Hari itu, selain meriah dengan kehadiran kado dan hadiah-hadiah, tentu saja akan semakin semarak dengan keberadaan cake yang ceria dengan warna-warna cerah.

Tidak heran jika banyak orang beranggapan perayaan ulang tahun belum lengkap tanpa kehadiran kue cantik tersebut. Biasanya cake cantik itu terbuat dari bahan dasar tepung. Umumnya tepung terigu, gula, dan telur. Lazimnya, cake dimasak dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga cake yang dikukus, misalnya, bolu kukus atau brownies kukus.

Seiring dengan kreativitas dunia kuliner yang semakin canggih, maka bermunculanlah cake yang dihias dengan lapisan (icing) dari krim mentega ataupun krim buah. Istilah cake sendiri sering digunakan untuk berbagai jenis makanan, walaupun bahan dan teknik pembuatannya tidak seperti cake. Cheesecake misalnya, walaupun tidak termasuk cake melainkan kue pai, tapi tetap saja lebih sering disebut sebagai cake.

Fried carrot cake dari Singapura yang dibuat dengan adonan tepung beras dan lobak yang dimasak di wajan seperti kwetiau goreng, bahkan juga lebih dikenal dengan istilah cake. Saking cantik dan imutnya cake berhias ini, kue-kue itu sering menjadi sajian paling penting. Entah itu dalam pesta pernikahan atau pesta ulang tahun. Dalam resepsi pernikahan ala Barat dan pesta ulang tahun, upacara pemotongan kue merupakan salah satu acara yang ditunggu-tunggu.

Bahkan, semakin cantik kue atau cake ulang tahun, dianggap mampu menambah kemeriahan pesta. Ini kemudian terjadi hampir di seluruh dunia. Selain tampilannya yang cantik, cake juga memiliki rasa yang sangat bervariasi. Rata-rata sebelum dipanggang, adonan cake sering ditambahkan berbagai bahan perasa dan aroma, seperti bubuk cokelat, bumbu kue lapis, daun pandan, kacang-kacangan, kismis hingga buah-buahan segar.

"Banyak orang menyukai cake dalam perayaan-perayaan ulang tahun ataupun pernikahan karena bentuknya yang cantik dan rasanya yang lezat," kata F and B Promo Gran Mahakam Hotel, V Ranti. Keunggulan lainnya dari cake,menurut Ranti, adalah bentuknya yang bisa menciptakan suasana romantis.

Bahkan, untuk mendapatkan rasa cake yang bisa memuaskan, banyak chef menggunakan bahan-bahan dan resep khusus. Cake cantik yang pantas ditampilkan di dalam perayaan ulang tahun tersebut antara lain adalah, choco birthday cake yang bahan pelapisnya terbuat dari susu cair,cokelat,dan sedikit rum.

Cake lainnya yang tidak kalah menggugah selera adalah crystal birthday cake. Cake ini dibuat dengan campuran keju, telur, mentega tawar, dan bahan pelapis seperti krim stroberi. Pilihan lainnya yang patut diperhitungkan adalah birthday gel.

Cake ini termasuk unik karena dibuat dengan menggunakan jeli. Hiasan aneka buah membuat hidangan ini tidak saja cantik, namun juga menyegarkan ketika dikonsumsi.

Tidak ada komentar: