Senin, April 21, 2008

Cerdas Memilih Makanan

AGAR bisa mencapai kadar antioksidan yang cukup, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan minimal lima hingga enam variasi setiap hari. Jangan lupa, konsumsi pula buah-buahan, mulai jambu, pisang, salak, hingga anggur.

Supaya tidak bosan, variasikan buah-buah tersebut atau bisa juga dijus. Namun, bila sulit untuk mengubah pola makan secara teratur, cara paling praktis adalah rajin mengonsumsi suplemen antioksidan.

Memilih suplemen antioksidan sebenarnya susah-susah gampang. Jika Anda mengonsumsi multivitamin, biasanya kandungan antioksidannya tidak cukup memadai. Namun, jika memilih suplemen antioksidan yang menekankan vitamin dan mineral tertentu, jumlah antioksidan yang diperlukan umumnya sudah mencukup kebutuhan tubuh akan antioksidan.

Jika Anda terpikir untuk mengonsumsi multivitamin sekaligus suplemen antioksidan, ada baiknya Anda hitung dulu kandungannya dan sesuaikan batasan yang diberikan. Agar lebih aman lagi, berkonsultasilah dulu kepada dokter ahli gizi supaya tidak salah langkah.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Dengan asupan antioksidan yang cukup, Anda pun bisa terhindar dari berbagai penyakit yang bersifat kronis, mulai penyakit yang berkaitan dengan ketuaan (aging), kanker, hingga penyakit pembuluh darah seperti jantung koroner dan penyakit degeneratif dementia, parkinson, dan alzheimer.

Tidak ada komentar: