Selasa, April 29, 2008

Buku Masak : Cara Sehat Makan Fast Food


Anda doyan fried chicken, pizza, French fries atau burger? Berhati-hatilah! Kecuali tinggi kalori dan lemak, fast food juga mengancam kesehatan. Namun ada cara jitu untuk meyiasatinya, semuanya diungkap habis di buku yang satu ini!

Jika Anda tergolong orang yang jarang berolah raga, tidak terlalu suka sayuran dan memiliki berat badan agak berlebih, sebaiknya Anda berhenti mengkonsumsi fast food. Mengapa? Wied Harry Apriaji seorang praktisi hidup sehat alami yang sudah menulis belasan buku, mengungkapkan alasan-alasannya di bagian pertama buku terbarunya ‘Healthy Fast Food’.

Fakta mengenai fast food yang dijuluki sebagai junk food juga dituturkan secara lugas di bagian pertama buku ini. Mulai dari pemilihan bahan yang banyak mengandung lemak jenuh, pemakaian zat aditif hingga zat toksin yang sering mengiringi proses pembuatan fast food. Tak hanya itu, daftar kalori dan kadar lemak berbagai jenis fast food dari resto fast food dunia juga dibeberkan lengkap. Dengan daftar tersebut Anda akan tahu bahwa 1 potong fried chicken, 1 porsi French fries dan 1 gelas soft drink yang Anda konsumsi untuk makan siang sudah menyumbang 1500 kalori. Jika kalori per hari yang Anda perlukan 2000 kalori berarti sudah 75% kalori Anda konsumsi.

Tak hanya fakta nutrisi saja yang diungkap oleh penulis tetapi juga dibeberkan trik untuk tetap bisa mengkonsumsi fast food secara sehat. Misalnya pembuatan saus yang lebih sehat dengan mengganti mayones dengan saus buatan sendiri yang memakai minyak olive extra virgin. Juga pemakaian tepung roti/panir buatan sendiri yang lebih praktis dan sehat, dengan memakai roti tawar whole wheat sebagai bahan utamanya. Tak ketinggalan resep membuat nugget sendiri juga diberikan secara rinci.

Dalam bab-bab selanjutnya disajikan berbagai menu fast food yang sering Anda temui di resto-resto. Mulai dari tempura, fish finger, onion ring hingga chicken katsu. Resep-resp yang disajikan dirubah pemakian bahan-bahannya sehingga menjadi lebih sehat. Seperti pemakian daging ayam dan sapi tanpa lemak, pemakaian susu rendah lemak hingga penambahan sayuran segar sebagai pelengkap. Jadi tak hanya mudah dipraktekkan tetapi makanan juga menjadi lebih sehat.

Pembongkaran resep-resep fast food menjadi healthy fast food juga dilakukan pada resep-resep hidangan utama. Misalnya saja, bulgogi, hotdog, fish and chips, pizza, steak lada hitam hingga tuna sandwich. Selain itu juga ada alternatif resep baru dengan penambahan bahan-bahan lebih sehat seperti Healthy beef burger yang diberi tofu, macaroni and cheese yang memakai susu rendah lemak. Selanjutnya resep aneka salad bersaus sehat, kudapan manis yang sehat dan minuman dingin yang memakai banyak buah segar.

Untuk mereka yang suka jajan dan doyan makan enak, ada baiknya Anda mulai beralih ke sajian fast food yang lebih sehat. Sesuai dengan anjuran penulis, fast food yang sehat bisa dinikmati oleh seluruh keluarga termasuk anak-anak. Selain lebih murah jika dibuat sendiri, rasanya juga lebih lezat. Bisa disajikan dalam menu keluarga atau sebagai bekal yang lebih sehat untuk anak-anak. Nah, jika anda sudah siap beralih ke pola hidup dan makan sehat, segeralah miliki buku resep yang komplet ini!

Healthy Fast Food
Hidangan Sehat Cepat Saji, Favorit Anak-anak dan Seluruh Keluarga
Wied Harry Apriaji
PT Gramedia Pustaka Utama, 2008
Dapat diperoleh di semua took buku Gramedia
Harga : Rp. 55.000,00

Tidak ada komentar: