Senin, April 28, 2008

Tips & Trik Mendandani Kamar

BOSAN dengan gaya kamar yang itu-itu saja? Merenovasi tentu butuh biaya besar. Salah satu triknya adalah "mendandani" ulang kamar tersebut. Apa saja tipsnya?

Sering kali kita merasa bosan dengan tampilan kamar yang standar. Ketika ingin mengubah, selalu terbentur dengan kebutuhan dana yang tidak sedikit. Jangan khawatir, banyak cara yang bisa dilakukan. Menurut arsitek Wisnu Brata, yang paling penting adalah perencanaan yang matang. "Walaupun skala yang dilakukan kecil, tetap saja perencanaan diperlukan," ujar arsitek dari Mitra Graha Asri Mandiri ini.

Perencanaan tersebut bisa dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Seperti berbagai contoh gambar dari majalah atau koran. Bisa juga dengan mengunjungi pameran dan mendapatkan pelbagai brosur desain produk terbaru. Pilihlah dari koleksi-koleksi tersebut yang menarik perhatian Anda untuk mendapatkan gambaran gaya yang sesuai keinginan.

Beberapa campuran variasi gaya, ide-ide atau gambar bisa dikembangkan terus dan tuangkan atau padu-padankan ke dalam rencana terpadu untuk diterapkan di kamar. Setelah mendapatkan gambaran yang jelas, barulah Anda dapat melakukan langkah-langkah berikutnya. Berikut ini ada beberapa langkah yang disarankan Wisnu yang tentu saja dapat dilakukan agar dapat menekan bujet yang tersedia.

Pertama, warna dan cat. "Warna merupakan cara yang paling ampuh dan tidak mahal di dalam mengubah dekor dan suasana kamar Anda," ujar Wisnu. Carilah merek cat bermutu yang sedang diberikan diskon. Jika Anda beruntung, Anda dapat menemukan warna sesuai selera dengan harga yang cukup murah. Kedua yaitu pencahayaan, ruangan Anda akan terlihat suram jika pencahayaannya redup.

Cara yang relatif murah untuk menambah pencahayaan dalam ruangan adalah dengan memasang lampu sorot. "Anda juga dapat menggunakan lampu track yang dapat digantung pada kawat untuk dapat memberikan nuansa dan tidak perlu melakukan instalasi ulang," ujarnya. Karena itu, pembobokan tembok bisa dihindari karena akan mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Ketiga yaitu pajangan dinding, bisa diakali dengan menggunakan koleksi artwork di rumah Anda, atau memakai foto-foto koleksi Anda. Seperti foto keluarga dan teman-teman adalah cara yang sangat efektif dan murah. Penggunaan foto-foto hitam-putih akan memberikan suasana yang istimewa. Bingkailah dengan frame yang tidak mahal dan finishing-nya sederhana.

Lukisan atau gambar-gambar reproduksi dari pelukis ternama juga bisa dibingkai dengan frame yang bagus dan menarik. Ini akan jadi pajangan yang bernilai dan mengubah suasana ruangan lebih berkelas. Keempat yaitu jendela. Tidak perlu membuat model jendela yang rumit. Cukup dengan cara membuat model jendela yang simpel sehingga mudah disesuaikan dengan selera Anda, maupun perubahan yang akan Anda lakukan. "Berikan aksesori atau penutup jendela seperti tirai dari kain atau kayu yang modelnya disesuaikan dengan gaya keseluruhan rumah Anda," saran Wisnu.

Kelima yaitu meningkatkan apresiasi dan selera seni Anda. Perluas wawasan dengan melihat model furnitur di kafe atau restoran favorit. Cobalah untuk mencari referensi agar konsepnya bisa Anda terapkan dengan cara membuatnya. Bisa juga dengan membeli model yang cenderung sama secara visual, tetapi lebih sederhana dalam desain dan tidak menggunakan material yang mahal (spec down). Anda mungkin akan kaget dengan apa yang akan Anda dapatkan. Keenam yaitu kursi dan sofa.

Anda belum memiliki dana guna mengganti sofa dan kursi Anda? Gunakan penutup sofa atau kain dengan bahan yang menarik dan sesuai dengan tema keseluruhan ruang Anda. "Tambahkan aksesori jika perlu dan buat penutup bantal dengan warna-warna yang sesuai dengan pilihan Anda agar lebih semarak," sebutnya. Ketujuh yaitu aksesori, buat yang simpel. Seperti kotak kayu yang menempel pada dinding atau ambalan-ambalan kayu yang terlihat melayang pada dinding.

Kejelian Anda menata barang untuk dipajang dan memilih aksesori yang tepat dan serasi akan membuat ruang Anda terlihat menarik. Tidak harus mahal. Cobalah mengunjungi pameran kerajinan tangan dari seluruh pelosok Nusantara seperti inacraft. Banyak hal bisa kita dapatkan di sana. Hasilnya akan segera tampak dan terlihat setelah ditata dan dipadukan dengan keseluruhan ruangan dengan baik. Terakhir kedelapan yaitu obral akhir tahun atau penjualan promosi.

"Sering-seringlah mampir atau melihatlihat ke toko lampu atau supermarket bahan bangunan," saran Wisnu. Kadang ada beberapa item interior, aksesori, tirai atau lampu yang masih dapat dipakai dan sesuai dengan kebutuhan kamar Anda, tapi dijual dengan harga miring. Selamat berkreasi.

Tidak ada komentar: