Senin, April 21, 2008

Kiat Bekerja dengan Rekanan

Bekerja dengan orang yang sulit dipercaya memang menyebalkan. Bagaimana bisa ya, bekerjasama dengan orang seperti ini. Namun, kalau itu sudah jalannya, harus bagaimana lagi?
Tenang.
Ada kok kiat dan cara yang dapat membantu Anda ketika Anda bekerja dengan orang sama sekali Anda tidak percayai. Mau tahu? Coba simak ulasan singkat berikut:

1. Beritahu Kepentingan Anda

Pastikan bagaimana orang yang tidak Anda percayai dapat merusak unit kerja Anda, lalu perkuat area tersebut. Jika menurut Anda supplier yang lama telah mengambil keuntungan dari hubungannya dengan organisasi Anda, cari tahu apa yang dapat ditawarkan oleh pemasok lain dalam hal-hal yang menarik Anda yaitu mutu, layanan, harga, dan sebagainya. Pastikan Anda dapat rekanan yang lebih baik.

2. Bersikaplah Konsisten

Konsistenlah terhadap apa yang Anda yakini dan jangan terjebak dengan negosiasi mereka. Jika mereka menunjukkan sikap-sikap yang tidak menyenangkan, bersikaplah lebih tegas. Kalau perlu tolak dan sedikit mengancam Anda akan mencari rekanan lain yang lebih kooperatif

3. Jangan Mengalah

Bila seseorang kelihatannya berniat menyesatkan Anda, jangan ragu menolak dengan tegas. Minta orang tersebut menjelaskan perilaku yang Anda sesalkan. Tetapkan tujuan-tujuan yang diinginkan bersama, lalu sepakati prosedur untuk mencapainya.

Nah, jadikan rekomendasi tersebut sebagai pedoman manajerial Anda. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar: