Senin, April 21, 2008

Mengapa Peran Ayah Amat Penting Buat Anak?

Jangan pernah anggap remeh peran seorang ayah dalam kehidupan anaknya. Sebagian besar riset atas pola asuh anak yang fokus pada hubungan ibu anak, menemukan fakta bahwa ayah turut berperan penting terhadap perkembangan anak.


Manakala para ayah berfungsi aktif sebagai orang tua, sejumlah studi menunjukkan bahwa anak-anak mereka cenderung lebih percaya diri. Anak-anak ini lebih mudah beradaptasi, bersifat outgoing dan mandiri. Mereka juga punya keahlian sosial yang lebih baik, memiliki lebih sedikit masalah perilaku dan lebih pintar di sekolah.


Saat menginjak remaja, anak-anak yang mendapat kasih sayang seorang ayah secara langsung, cenderung tidak bermasalah mengenai seks, obat-obatan atau alkohol, ketimbang anak-anak yang ayahnya hanya pasif mengawasi dari kejauhan, demikian menurut John Rosemond, pengasuh rubrik


Seorang anak akan merasa sangat diperhatikan saat sang ayah sepulang kantor menyempatkan diri bertanya,"Sayang, apa saja yang terjadi denganmu hari ini?"


Kehadiran ayah menjadi penting bagi anak, manakala ada pertanyaan yang tak bisa dijawab oleh sang ibu. Jika pertanyaan ini sulit, ibu bisa menyuruhnya berbicara dengan ayah,"Sayang, coba tanya ke ayah, mungkin beliau lebih tahu jawabnya."


Hal yang patut Anda ingat adalah, ayah tetaplah ayah, yang kedudukannya tak bisa tergantikan, meski Anda seorang supermom sekalipun. Jika Anda orang tua tunggal, sebisa mungkin usahakan anak tetap dekat dengan ayahnya, semata-mata demi perkembangannya kelak.

Tidak ada komentar: