Senin, April 21, 2008

CV, Si Gerbang Pembuka Titian Karir

Kesan pertama memang sangat menentukan untuk bisa masuk ke tahap berikutnya. Kalimat tersebut bukanlah tentang awal pertemuan untuk sebuah kisah kasih asmara saja, tapi untuk semua hal, termasuk karir.

Jauh sebelum wawancara, gerbang awal untuk sebuah karir yang Anda harapkan adalah dari curriculum vitae (CV) alias resume. CV diibaratkan sebagai pedang yang bermata dua, karena dua sisi yang dimilikinya bisa membuat efek positif ataupun juga negatif.

CV adalah cermin bagi perekrut di perusahaan yang Anda lamar. Dengan membacanya, seorang rekruiter akan membayangkan seperti apa Anda, bahkan menciptakan image sebelum bertemu langsung dengan Anda. Apakah Anda cukup professional, bisa diandalkan atau malah tidak bertanggungjawab. Menulis CV memang harus berhati-hati, karena salah memasukkan informasi yang Anda maksudkan, malahan bisa membuat kesempatan berkarir melayang begitu saja.

l

Penampilan

Karena kita bicara tentang CV, tentunya yang dimaksud dengan penampilan disini bukanlah penampilan Anda, tetapi penampilan CV. Tampilan CV haruslah menarik tetapi tetap rapi dan informatif.

z
Kertas :
Gunakan kertas HVS putih polos dan jangan pernah mengirimkan fotokopi CV, karena Anda akan dianggap tidak menghargai perusahaan yang anda lamar.
z
Huruf :
Usahakan mengetik CV anda dengan komputer, karena akan lebih terjamin kerapihannya dibanding kalau anda menggunakan mesin tik manual. Untuk jenis huruf yang lazim dalam pengetikan CV, gunakan pilihan huruf yang sederhana tapi jelas terbaca, misalnya : Arial atau Times New Roman. Jangan memilih huruf yang membuat efek ukiran, karena terkesan tidak formal dan gunakan tinta hitam.
l
Susunan dan isi CV
Tulis dengan informative dan sistematis, sehingga sekali baca, rekruiter akan langsung mengerti dengan baik isi CV Anda. Tidak perlu menulis data tidak penting seperti tinggi dan berat badan, kecuali hal tersebut diminta untuk disebutkan.
z
Data diri :
Jelaskanlah hal-hal mendasar yang harus diketahui perusahaan tempat Anda melamar, yaitu: nama lengkap, tempat/tanggal lahir, alamat dan nomor yang bisa dihubungi.
z
Pendidikan:
Sebutkan sertifikat yang berkaitan dengan pendidikan formal, nama lembaga pendidikan, bidang studi, prestasi, penghargaan atau kursus yang signifikan dengan pendidikan. Kalau Anda pernah mendapatkan beasiswa, pemenang lomba karya tulis atau pernah kursus bahasa asing atau komputer, maka tuliskanlah dengan singkat dan jelas.
z
Pengalaman Kerja :
Sebutkan dengan singkat dan jelas di perusahaan mana saja Anda pernah bekerja. Jika pernah bekerja kurang dari enam bulan di suatu perusahaan, sebaiknya jangan ditulis kecuali jika ada hal khusus yang baik untuk dipandang sebagai perkembangan karir Anda.
z
Aktivitas dan keterampilan khusus:
Walaupun tidak mutlak, tetapi jika Anda memang mempunyai kegiatan atau keterampilan yang mendukung, cantumkanlah. Misalkan keterampilan menulis steno, ataupun menguasai beberapa bahasa sekaligus.

Tidak ada komentar: