Senin, April 21, 2008

Konsumsilah Dark Chocolate untuk Turunkan Tekanan Darah

Kabar baik bagi pencinta cokelat: Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa mengonsumsi cokelat pekat dalam jumlah sekira 30 kalori, atau setara 6 gram setiap hari akan menurunkan tekanan darah.

Sebuah penelitian baru yang melibatkan 44 orang dewasa berusia 56-73 tahun yang memiliki prehipertensi (antara 130/85 dan 139/89) atau tahap pertama hipertensi (antara 140/90 dan 160/100). Tak satu pun dari mereka memiliki risiko lainnya seperti kelebihan berat badan atau diabetes.

Sebanyak 22 orang dari kelompok itu mengonsumsi 30 kalori cokelat pekat yang mengandung polifenol (sebuah antioksidan) setiap hari selama 18 hari. Yang lainnya mengonsumsi jumlah yang sama cokelat putih yang tidak mengandung polifenol.

Setelah 18 hari, penikmat cokelat pekat menunjukkan penurunan dara-rata 2,9 mmHG untuk tekanan darah sistolik dan 1,9 mmHg untuk tekanan darah diastolik. Sedangkan pada kelompok penikmat cokelat putih tidak ada perubahan pada tekanan darahnya.

Riset tersebut dipimpin oleh Dr. Dirk Taubert dari University Hospital of Cologne. Para peneliti Jerman mengklaim bahwa studi klinis ini cukup berharga meskipun pengurangan tekanan darah hanya minimal.

Tidak ada komentar: