Selasa, April 29, 2008

Buku Masak : Brownies Khusus Buat yang Berdiet!


Rasa brownies yang manis dan pekat akan coklat membuat banyak orang jatuh hati dengan cake yang satu ini. Sayangnya dengan alasan kesehatan mungkin Anda tak bisa jadi sering-sering mencicipinya. Tapi kini tak perlu khawatir karena ada 'brownies sehat' yang dibuat dari bahan-bahan alami. Bahkan Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah!

Gaya hidup sehat secara alami memang sedang menjadi trend saat ini. Tak heran hal tersebut juga mempengaruhi cara masyarakat dalam mengkonsumi makanan sehari-hari. Hal ini jugalah yang membuat Wied Harry Apriadji, seorang penulis dan penganut pola makan sehat ini mencoba untuk membuat buku tetang pola makan sehat alami. Salah satunya adalah 'Healthy Brownies' ini.

Kebanyakan orang memang tak akan menolak jika disodori oleh makanan yang manis-manis dan gurih. Meskipun sesungguhnya dibalik kelezatan makanan tersebut tersimpan banyak sekali zat-zat aditif yang membahayakan kesehatan. Nah, salah satu makanan manis yang cukup membahayakan kesehatan adalah kudapan bownies ini. Rasanya yang lembut dan manis membuatnya disukai oleh tua dan muda. Oleh sebab itu sang penulis mencoba untuk berbagi kepada mereka yang ingin membuat brownies lezat namun tetap menyehatkan.

Untuk membuat brownies yang lezat sendiri tentu saja kita harus mengenal bahan-bahan utama dan tambahan yang digunakan. Nah, di halaman 10 tersebut sang penulis mencoba untuk menerangkan bahan-bahan apa yang layak dipakai untuk membuat brownies yang sehat dan lezat. Mulai dari tepung terigu, coklat, manfaat telur, peran gula, hingga penggunaan minyak kelapa.

Penggunaan terigu dalam makanan sehat ini ternyata sangat penting. Oleh karena itu sang penulis menyarankan penggunaan terigu whole wheat (tepung atta) yang mengandung vitamin B serta lemak sehat dalam gandum. Untuk pemakaian gula yang penting agar brownis terasa 'mengigit', tak lupa sang penulis juga memberikan tips-tips khusus agar pemakaian gula menjadi tak berlebih. Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya, mengapa menggunakan minyak kelapa bukan margarin? Nah, jawabannya dapat Anda temukan di halaman 17 buku ini.

Dalam membuat suatu makanan, sering kali ditumui banyak sekali kegagalan-kegagalan dalam proses membuatnya. Misalkan dalam mengembangkan adonan dan mencampur adonan, nah hal tersebut telah diantisipasi oleh sang penulis pada bab yang berjudul 'Trik Khusus Membuat Brownies'. Jadi buku ini pun cocok sekali bagi mereka yang pemula dalam membuat brownies. Mau membuat brownies kukus atau panggang? Semua lengkap diterangkan secara detil oleh sang pengarang.

Nah, baru pada halaman 26 Anda dapat menjumpai puluhan resep-resep kreasi brownies kukus dari yang biasa hingga yang digulung. Seperti misalkan membuat brownies dari yang orisinil, keju, selai kacang, hingga brownies lapis coklat putih. Nah, untuk Anda yang ingin memadupadakan dengan buah-buahan terdapat resep brownies wortel yang menggiurkan hingga brownies jangung manis. Hmm... semua dapat Anda praktekan sendiri secara step by step. Apalagi dalam setiap resep, sang penulis juga menyisipkan tips-tips khusus yang dijamin bakal menambah kaya Anda dalam brekreasi.

Akhirnya buku setebal 104 halaman ini ditutup oleh bab yang berjudul 'Kreasi Brownies Panggang'. Dimana aneka resepnya dapat Anda intip pada halaman 75. Seperti misalkan brownies panggang cream cheese, brownies dengan paduan almond, tape ketan, wijen hingga ubi jalar. Nah, selain dapat membuat aneka kreasi brownies yang lezat ini Anda pun bakal dimanjakan oleh foto-foto cantik hasil jepretan Ariy Nugroho.

Nah, mungkin saja buku ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda dalam menghabiskan waktu di akhir pekan. Terutama bagi mereka yang peduli akan kesehatan dan ingin menyajikan kudapan sehat untuk keluarga tercinta!

Healthy Brownies
Wied Harry Apriadji
Rp 55.000,00
Dapat dibeli di Gramedia

Tidak ada komentar: