Senin, April 21, 2008

Yuk Cari Kerja !

Sedang berencana mencari pekerjaan baru ? Sudah tau apa yang akan Anda lakukan untuk segera memulai perjuangan mencari sesuap nasi tersebut ? Bila sudah bicara tentang mencari pekerjaan, memang semua orang pasti sepakat kalau hal ini sama sekali tidak mudah.

Sambil menunggu pekerjaan ideal yang selama ini Anda cari, ataupun menunggu ponsel Anda berdering karena panggilan tes atau wawancara lowongan yang Anda lamar, mungkin beberapa hal di bawah bisa dilakukan. Paling tidak, rasa frustrasi dan gelisah karena ketidakjelasan ‘calon lumbung nasi’ ini bisa dialihkan dulu.

Pertahankan keyakinan dan motivasi Anda, karena inilah yang membuat Anda akan tetap semangat dan memiliki asa yang positif dalam menantikan pekerjaan tersebut. Teman adalah salah satu elemen yang bisa menjaga pemikiran Anda tetap positif. Jangan ragu untuk meminta masukan dari teman Anda, karena semakin banyak masukan berarti Anda akan menembus berbagai macam batasan sudut pandang. Bukan tidak mungkin juga diskusi bersama teman akan membuat Anda jadi lebih kritis dan obyektif serta membantu Anda berhasil mendapatkan pekerjaan.


Catatan memang penting.
Karena itu, tetap maintain hubungan dengan teman, kolega, dan relasi dengan baik dengan menyimpan kartu nama ataupun sekedar nomer kontak mereka. Jangan lupa juga buat catata teratur dengan menyimpan nomor telepon, alamat perusahaan yang dilamar, serta kapan dan kemana saja Anda sudah mengirim lamaran pekerjaan. Dengan mencatat hal-hal kecil namun penting tersebut, akan lebih mudah saat melakukan follow-up.

Manajemen waktu.
Perhitungkan waktu yang akan Anda habiskan, mulai dari waktu di depan komputer untuk browsing dan membuat surat lamaran, sampai waktu yang harus ‘dinikmati’ untuk menanti feedback lamaran yang telah Anda kirim. Ini penting agar Anda tahu kapan harus memutuskan lebih agresif lagi atau menunggu yang sudah Anda kirimkan.

Selamat berjuang!

Tidak ada komentar: